HUBUNGAN ANTARA DERAJAT STRES DAN PROGRES PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SMA NEGERI 1 BANJARSARI CIAMIS PERIODE TAHUN 20019-2020

Keterangan Bibliografi
Penerbit : FK UGJ
Pengarang : Dewi Khomsiah Ruba'iah Ngudewiah
Pengarang 1 : Bambang Wibisono
Pengarang 2 : Aris Sunaryo
Kota terbit : Cirebon
Tahun terbit : 2021
ISBN : -
Subyek : Skripsi
Klasifikasi : 616.89 Dew h
Bahasa : Indeonesia
Edisi : -
Halaman : 727 hlm.
Lokasi : Rak Skripsi
Jenis Koleksi Pustaka

skripsi

Abstraksi

Latar belakang: Pandemi covid-19 terjadi hampir diseluruh dunia menyebabkan kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihindari, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Sejak bulan maret 2020, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19. Proses pembelajaran jarak jauh menimbulkan beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa yaitu tugas yang banyak, dan kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga hal tersebut menyebabkan stres akademik pada siswa. Tujuan: Mengetahui hubungan antara derajat stres dan proses pembelajaran jarak jauh pada siswa SMAN 1 Banjarsari Ciamis periode tahun 2019-2020. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Melibatkan 162 responden siswa SMAN 1 Banjarsari Ciamis. dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis pengambilan sampel secara Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan uji spearman. Hasil: Hasil uji spearman nilai sig. < 0.05. yang mengartikan terdapat hubungan sedang antara variable derajat stress dan Pembelajaran Jarak Jauh.  Kesimpulan: Derajat stres yang tinggi menurunkan proses pembelajaran jarak jauh pada siswa SMA.

Kata Kunci: Derajat Stres, Pembelajaran Jarak Jauh, Fakultas Kedokteran

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 6375 Tidak