PENGARUH MINDFULNESS SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR TERHADAP KEJADIAN STRES DALAM MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DIMASA PANDEMI COVID-19

Keterangan Bibliografi
Penerbit : FK UGJ
Pengarang : Haykal Zukhruf Ar Raji
Pengarang 1 : Duddy Fachrudin
Pengarang 2 : Ade Yusuf
Kota terbit : Cirebon
Tahun terbit : 2021
ISBN : -
Subyek : Skripsi
Klasifikasi : 616.85 Hay p
Bahasa : Indeonesia
Edisi : -
Halaman : 74 hlm.
Lokasi : Rak Skripsi
Jenis Koleksi Pustaka

skripsi

Abstraksi

Latar Belakang: Pada kondisi darurat seperti sekarang ini karena adanya pandemi virus corona, penugasan yang efektif dapat diberikan secara jarak jauh. Salah satunya, kegiatan belajar mengajar mahasiswa yang dilaksanakan secara daring. Stres merupakan suatu respon seseorang terhadap situasi dan kondisi yang diterima individu sebagai salah satu tantangan atau ancaman keberadaannya. Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan motivasi belajar mahasiswa. Mindfulness merupakan salah satu proses untuk menurunkan tingkat stres mahasiswa. Tujuan: Mengetahui pengaruh mindfulness sebagai variabel mediator terhadap kejadian stres dalam motivasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran dimasa pandemi covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur yang merupakan pengembangan dari uji regresi linier berganda. Digunakan alat ukur Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ), kuesioner skala stres dan motivasi belajar dengan jumlah responden 88 orang yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Hasil: Nilai koefisien korelasi stres yang dimediasi oleh mindfulnes terhadap motivasi belajar adalah p = 0,598 (< a = 0,05) dan nilai signifikansi korelasi sebesar 3,749 yang artinya positif dan signifikan. Sedangkan nilai koefisien korelasi stres terhadap motivasi belajar adalah p = 0,464 (< a = 0,05) dan nilai signifikansi korelasi sebesar 7,099 yang artinya positif dan signifikan.

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 6345 Tidak