PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN ANATOMI TERHADAP NILAI PRAKTIKUM PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UGJ

Keterangan Bibliografi
Penerbit : FK UGJ
Pengarang : Mila Wulansari Putri
Pengarang 1 : Risnandya Primanagara
Pengarang 2 : Hikmah Fitriani
Kota terbit : Cirebon
Tahun terbit : 2023
ISBN :
Subyek : Skripsi
Klasifikasi : 610 Mil p
Bahasa : Indeonesia
Edisi :
Halaman : 57 hlm.
Lokasi : Rak Skripsi
Pustaka Pilihan
Jenis Koleksi Pustaka

skripsi

Abstraksi

Latar belakang: Anatomi merupakan ilmu dasar bagi mahasiswa kedokteran,mahasiswa akan sulit memvisualisasikan gambar jika hanya menggunakan atlas anatomi. Perlu diberikan praktikum anatomi menggunakan maneken,plastinasi dan kadaver. Persepsi merupakan cerminan keberhasilan program pendidikan dan persepsi yang baik dapat meningkatkan hasil belajar.Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi media pembelajaran di laboratorium anatomi terhadap nilai praktikum di Fakultas Kedokteran UGJ. Metode : Jenis dan rancangan penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Hasil : Tidak ada hubungan antara persepsi media pembelajaran maneken dengan nilai praktikum anatomi ( P= 0,51, p >0,05) dengan koefisien korelasi r = 0,053. Tidak ada hubungan antara persepsi media pembelajaran plastinasi dengan nilai praktikum anatomi ( P= 0,487, p>0,05) dengan koefisien korelasi r = 0,053.Tidak ada hubungan antara persepsi media pembelajaran kadaver dengan nilai praktikum anatomi ( P= 0,128 , p> 0,05 ) dengan koefisien korelasi r = 0,053. Kesimpulan :Tidak terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa penggunaan media pembelajaran anatomi menggunakan maneken, plastinasi dan kadaver terhadap nilai praktikum anatomi.

 

Kata Kunci : Maneken, Plastinasi, Kadaver, Nilai.

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 6215 Tidak