PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN HASIL BELAJAR

Keterangan Bibliografi
Penerbit : FK UGJ
Pengarang : Yasinta Mumtaz Adya
Pengarang 1 : Catur Setiya Sulistiyana
Pengarang 2 : R. Vivi Meidianawaty
Kota terbit : Cirebon
Tahun terbit : 2023
ISBN :
Subyek : Skripsi
Klasifikasi : 616.858 Yas p
Bahasa : Indeonesia
Edisi :
Halaman : 45 hlm.
Lokasi : Rak Skripsi
Pustaka Pilihan
Jenis Koleksi Pustaka

skripsi

Abstraksi

Latar Belakang: Mahasiswa Kedokteran sering kali mengalami permasalahan dalam pencapaian hasil belajar yang meliputi ketidakmampuan mengikuti materi perkuliahan, sistem kurikulum yang diterapkan, nilai IPK dibawah rata-rata. Pencapaian hasil belajar merupakan bentuk pencapaian dalam proses belajar mengajar, terdapat Faktor Internal diantaranya kondisi kesehatan, motivasi, minat, konsentrasi, bakat dan perhatian. Faktor Eksternal diantaranya dukungan orang tua, suasana rumah, sistem perkuliahan, dan faktor sosial menjadi penghambat atau mendorong dalam pencapaian hasil belajar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Metode: Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif deskriptif dengan rancangan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021 dengan total jumlah sampel 174 mahasiswa. Penentuan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknis analisis data Univariat untuk mengetahui distribusi dan frekuensi. Hasil: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati sebanyak 140 responden (80,5%) tahun angkatan 2020 (73,3%) dan tahun angkatan 2021 (87,5%)  memiliki persepsi yang baik terhadap faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Sebanyak 117 (67,2%) Faktor Internal mengenai kondisi kesehatan yang baik dapat mempengaruhi proses pencapaian hasil belajar. Sebanyak 112 (64,4%) Faktor Eksternal mengenai dukungan dari orang tua berperan penting dalam proses belajar. 

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 6063 Tidak