EFEKTIFITAS PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TEKNIK OTOMOTIF SMK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON TERKAIT GANGGUAN DENGAR AKIBAT BISING SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN
Keterangan Bibliografi
Penerbit | : FK UGJ |
Pengarang | : Lalu Indra Alfian |
Pengarang 1 | : Ismi Cahyadi |
Pengarang 2 | : Herry Nurhendriyana |
Kota terbit | : Cirebon |
Tahun terbit | : 2023 |
ISBN | : |
Subyek | : Skripsi |
Klasifikasi | : 617.8 Lal e |
Bahasa | : Indeonesia |
Edisi | : |
Halaman | : 30 hlm. |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : Rak Skripsi |
Pustaka Pilihan |
Jenis Koleksi Pustaka
skripsi
Abstraksi
Latar belakang: Bising didefinisikan sebagai bunyi yang tidak diinginkan, tidak disukai dan mengganggu, sedangkan secara obyektif, bising merupakan getaran bunyi yang kompleks terdiri dari berbagai frekuensi dan 1 amplitudo yang bersifat periodik atau non periodik. Kebisingan umumnya berasal dari mesin di tempat kerja dan dapat menimbulkan dampak negatif seperti kesehatan tergantung pada frekuensi, lama paparan danintensitasnya. Bising dapat menimbulkan dampak negatif pada sistem auditori berupa gangguan pendengaran akibat bising (GPAB) atau Noise Induced Hearing Loss (NIHL). Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan dan menganalisis efektifitas penyuluhan terhadap pengetahuan siswa Teknik Otomotif SMK Mekanika Buntet Pondok Pesantren Cirebon terkait gangguan dengar akibat bising sebelum dan sesudah penyuluhan. Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest posttest dan menggunakan total sampling seluruh siswa kelas 12 jurusan Teknik Otomotif SMK Mekanika Buntet Pondok Pesantren Cirebon yaitu sebanyak 50 siswa. Hasil: Penyuluhan dilakukan dengan media presentasi. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil pada penelitian ini aspek pengetahuan responden memiliki nilai rata-rata pada saat pretest sebesar 41.80 dan pada saat posttest dengan nilai 78.20 yang mana terjadi perubahan atau perbedaan. Uji statistik Paired Sample T-test pada pengetahuan didapatkan p value= 0,002 (< 0,05) menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek pengetahuan setelah penyuluhan. Kesimpulan: Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan mengenai gangguan dengar akibat bising.
Kata Kunci: gangguan dengar akibat bising, pengetahuan, penyuluhan.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 6046 | Tidak |