PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP ASSESMENT PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON

Keterangan Bibliografi
Penerbit : FK UGJ
Pengarang : Rafli Permana
Pengarang 1 : Tissa Octavira
Pengarang 2 : Catur Setya Sulistiyana
Kota terbit : Cirebon
Tahun terbit : 2023
ISBN :
Subyek : Skripsi
Klasifikasi : 616.858 Raf p
Bahasa : Indeonesia
Edisi :
Halaman : 51 hlm.
Status referensi : Buku Referensi
Lokasi : Rak Skripsi
Pustaka Pilihan
Jenis Koleksi Pustaka

skripsi

Abstraksi

 

Latar Belakang : Problem based learning (PBL) adalah proses pembelajaran berdasarkan kasus. Fakultas kedokteran UGJ menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran PBL dengan assesment quiz yang mulai diterapkan saat situasi pandemi. Assesment PBL sebelumnya menggunakan assesment objective structured student oral case analysis (OSOCA) untuk melakukan evaluasi PBL. Tujuan : Mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon terhadap assesment PBL. Metode : Metode observasional analitik dengan desain cross sectional. Teknik sampel adalah simple random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 64 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji  wilcoxon. Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukan terdapat perbedaan persepsi mahasiswa terhadap assessment OSOCA dan quiz pada mahasiswa (nilai p value sebesar 0,003). Kesimpulan : Terdapat perbedaan persepsi mahasiswa terhadap assessment PBL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati.

 

Kata Kunci : Problem based learning (PBL), objective structured student oral case analysis (OSOCA), quiz.

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 6041 Tidak