PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP ASSESMENT PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
Keterangan Bibliografi
Penerbit | : FK UGJ |
Pengarang | : Rafli Permana |
Pengarang 1 | : Tissa Octavira |
Pengarang 2 | : Catur Setya Sulistiyana |
Kota terbit | : Cirebon |
Tahun terbit | : 2023 |
ISBN | : |
Subyek | : Skripsi |
Klasifikasi | : 616.858 Raf p |
Bahasa | : Indeonesia |
Edisi | : |
Halaman | : 51 hlm. |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : Rak Skripsi |
Pustaka Pilihan |
Jenis Koleksi Pustaka
skripsi
Abstraksi
Latar Belakang : Problem based learning (PBL) adalah proses pembelajaran berdasarkan kasus. Fakultas kedokteran UGJ menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran PBL dengan assesment quiz yang mulai diterapkan saat situasi pandemi. Assesment PBL sebelumnya menggunakan assesment objective structured student oral case analysis (OSOCA) untuk melakukan evaluasi PBL. Tujuan : Mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon terhadap assesment PBL. Metode : Metode observasional analitik dengan desain cross sectional. Teknik sampel adalah simple random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 64 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukan terdapat perbedaan persepsi mahasiswa terhadap assessment OSOCA dan quiz pada mahasiswa (nilai p value sebesar 0,003). Kesimpulan : Terdapat perbedaan persepsi mahasiswa terhadap assessment PBL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati.
Kata Kunci : Problem based learning (PBL), objective structured student oral case analysis (OSOCA), quiz.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 6041 | Tidak |