GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ANATOMI MENGGUNAKAN KADAVER DAN MANEKIN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGJ
Keterangan Bibliografi
Penerbit | : FK UGJ |
Pengarang | : Kayyis Firzadie |
Pengarang 1 | : R. Vivi Meidianawaty |
Pengarang 2 | : Hikmah Fitriani |
Kota terbit | : Cirebon |
Tahun terbit | : 2023 |
ISBN | : |
Subyek | : Skripsi |
Klasifikasi | : 616.858 Kay g |
Bahasa | : Indeonesia |
Edisi | : |
Halaman | : 41 hlm. |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : Rak Skripsi |
Pustaka Pilihan |
Jenis Koleksi Pustaka
skripsi
Abstraksi
Latar Belakang: Anatomi adalah ilmu yang mempelajari sistem tubuh manusia yang saling berhubungan membentuk kompleks fungsional. Persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran kadaver dan manekin dalam pembelajaran anatomi merupakan suatu proses di mana individu melakukan pengorganisasian terhadap stimulus yang diterima dan menginterprestasikan sehingga dapat menyadari dan mengerti apa yang diterima dan dapat dipengaruhi oleh pengalaman pada yang bersangkutan. Beberapa penelitian menyatakan persepsi baik tentang media pembelajaran kadaver dan manekin. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran anatomi menggunakan kadaver dan manekin di Fakultas Kedokteran UGJ. Metode: Penelitian yang dilakukan adalah penelitian observasional desktiptif, responden dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga didapatkan minimal sebanyak 118 mahasiswa. Data diperoleh dengan cara menyebarkan lembar kuesioner dan analisis data dilakukan dengan analisis univariat. Hasil: Sebanyak 89 orang (67,4%) dari 132 orang memiliki persepsi baik mengenai metode kadaver. Sebanyak 99 orang (75,0%) dari 132 orang memiliki persepsi baik mengenai metode manekin. Kesimpulan: Didapatkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran anatomi menggunakan manekin lebih banyak dibandingkan dengan kadaver.
Kata Kunci: Persepsi, Media Pembelajaran, Kadaver, Manekin.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 6004 | Tidak |