HUBUNGAN ANTARA DURASI BERMAIN GAME MOBILE ONLINE DENGAN TUMBUHNYA GEJALA INSOMIA PADA SISWA SMAN 7 KOTA CIREBON
Keterangan Bibliografi
Penerbit | : FK UGJ |
Pengarang | : Rama Yusuf Derysta |
Pengarang 1 | : |
Pengarang 2 | : |
Kota terbit | : Cirebon |
Tahun terbit | : 2021 |
ISBN | : - |
Subyek | : Skripsi |
Klasifikasi | : 616.83 Ram h |
Bahasa | : Indeonesia |
Edisi | : - |
Halaman | : 57 hlm. |
Lokasi | : Rak Skripsi |
Jenis Koleksi Pustaka
skripsi
Abstraksi
Latar Belakang : Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk memulai tidur. Indonesia memiliki angka prevalensi kejadian insomnia mencapai 10% atau 28 juta orang. Secara global WHO telah mencatat bahwa setiap tahunnya diperkirakan berkisar 20 hingga 50% orang mengalami gangguan tidur atau sekitar 150 juta orang di negara berkembang. Salah satu negara berkembang di dunia yaitu Indonesia memiliki angka prevalensi kejadian insomnia mencapai 10% atau 28 juta orang di Indonesia mengalami insomnia. Tingginya angka prevalensi kejadian insomnia tersebut dipengaruhi oleh faktor psikologi seperti depresi dan kecemasan yang dialami pada seseorang. Saat ini diduga penggunaan gadget menjadi salah satu penyebab kejadian insomnia, terutama pada populasi yang memiliki aktivitas tinggi di depan gadget, yaitu remaja. Seiring perkembangannya, game online telah banyak dimainkan secara mobile di gadget, seperti smartphone, sehingga semakin memudahkan individu untuk bermain game. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi bermain game mobile dengan timbulnya gejala insomnia pada remaja. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross-sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 92 responden. Responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 6398 | Tidak |